Candiru (Canero), ikan yang lebih berbahaya dari Piranha


        Canero atau di sebut juga candiru adalah jenis ikan air tawar dari keluarga lele, ditemukan di sungai amazon dan sungai oranoco, dan merupakan ikan yang paling di takuti oleh penduduk lokal melebihi piranha.

        Candiru dapat berkembang sampai 1-2 inc dan lebar 4-6 mm, memiliki tubuh seperti belut dan hampir transparan, ini membuatnya hampir mustahil untuk dilihat di dalam air, perenang cepat, kuat, lembut dan licin dengan gigi yang tajam.

Candiru terdapat 3 spesies :
  1. Ukuran berukuran jari.
  2. Ukuran tusuk gigi, yang biasanya makan dengan memasuki ikan besar.
  3. Candiru paus (whale candiru), adalah pemakan bangkai yang lebih memilih makan dari ikan yang sudah mati.
        Candiru merupakan parasit, modus operasinya sangatlah simple dan kejam. Untuk menemukan ikan target, candiru pertama mengecap air untuk mengetahui aliran air yang berasal dari ikan lain, setelah mengetahui keberadaan targetnya, candiru langsung menuju ke ikan target dan masuk ke celah sirip ikan target. Duri yang ada di kepala candiru akan melukai insang target dan mengeluarkan darah. Sehingga candiru disebut juga ikan vampir dari brazil.
        ikan ini ditakuti karena dia tertarik pada air seni dan darah. Ini sangat berbahaya bagi perenang telanjang, karena bisa masuk ke celah anus dan kemaluan. Bila ini terjadi, kemungkinan korban harus di operasi untuk mengambil ikan candiru dari dalam tubuh korban. cara membunuh ikan ini secara tradisional yaitu dengan air dari 2 tanaman (xagua dan apel buitach) yang dimasukan ke daerah yang terkena.



sumber : prohaba, serba-serbi. kamis 6 oktober 2011 hal. 5 (dengan perubahan seperlunya).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumbuhan Paku (PTERIDOPHYTA)

PERKEMBANGAN SELAPUT EKSTRA EMBRIONIK (plasentasi)

Narkoba dan macam-macam jenis narkoba