Genetika

A.             Pengertian

Genetika : Ilmu Keturunan (berasal dari kata latin “Genos”_Suku Bangsa atau Asal Usul) Dalam Genetika dipelajari bagaimanasifat keturunan (heriditas) diwariskan kepada anak


B.              Bidang yang menggunakan  Genetika

1.      Kedokteran : Kelainan penyakit keturunan,golongan darah
2.      KH & Peternakan : Bibit unggul hewan
3.      Pertanian : Bibit unggul tumbuhan
4.      Psikologi & antropologi : Sifat yang berkenaan dng kejiwaban, asal usul suatu suku bangsa


C.           Sejarah Perkembangan

1.      Sudah ada sebelum abad XIX (PreMendel), Bangsa Babilonia 6000 tahun lalu telah menyusun silsilah kuda untuk memperbaiki keturunannya.
2.      Gregor Mendel (1822-1884) genetika berkembang menjadi suatu cabang ilmu dalam biologi, dan emngeluarkan “Hukum Mendel”_dan Dikenal sebagai “Bapak Genetika”
3.      Mendel berhasil mengamati suatu macam sifat keturunan (Karakter) dari generasi ke generasi kacang ercis, dan berhasil membuat perhitungan matematika tentang sifat genetis karakter tersebut.
4.      Namun Karya Mendel yang dipublikasikan pada tahun 1868 di negaranya (Austria) tidak mendapat tanggapan di negaranya..
5.      Tahun 1900 karya mendel dibaca kembali dan menjadi bahan referensi para ahli.
6.      W. Bateson (1861-1926) membuat percobaan pada ayam untuk membuktikan apakah penemuan Mendel berlaku pada hewan ?
7.      J.Belling (1930) berjasa mengembangkan sitogenetika mengamati tingkah laku kromosom dengan mikroskop.
8.      T. H. Morgan (1914) menemukan bahwa “Gen” yang menjadi unit terkecil bahan genetika.
9.      Pengetahuan genetika lebih maju lagi dengan diketahuinya susunan molekul GEN yang terdiri dari DNA (Deoksiribosa Nucleid Acid) dengan model DNA diperkenalkan oleh J.D. Watson dan F.H.C. Crick (1953) dan disempurnakan oleh M.H.F. Wilkins pada tahun 1961.
10.  M.W. Nirenberg (1961) menyusun kode genetis yang menentukan urutan asam amino dalam sintesis protein, Maka diketahui bahwa gen itu bekerja membentuk suatu karakter melalui sintesa protein dalam sel-sel tubuh.
11.  Perkembangan genetika paling mutakhir adalah Transpormasi Gen, Gen dapat dipindah-pindahkan dari satu individu keindividu lain dengan memperalat virus atau bakteri
12.  Dasar transpormasi ditemukan oleh F.Griffith (1928) pada bakteri Pneumococcus, kemudian dikembangkan oleh banyak ahli lainnya.



D.             Pengertian GEN

Gen adalah Urutan nukleotida atau basa-basa nitrogen pada DNA yang mengkode karakter makhluk hidup.

E.              Materi Gen

Materi dasar GEN adalah DNA

F.               Tugas Gen

Tugas gen adalah mengatur berbagai jenis karakter (sifat) makhluk hidup _Karakter fisik (morfologi & anatomi), karakter psikis (pemalu, pamarah, panakut)

G.             Cara Kerja Gen

Cara kerja gen dalam mengatur berbagai karakter adalah melalui sintesis protein (Enzim &Hormon)


H.             Cara kerja GEN dalam mengatur Karakter Melalui Sintesis Protein

Membuat perangkat sintesa protein yaitu :  m-RNA, t-RNA, r-RNA melalui proses transkripsi. Menterjemahkan kode-kode genetik yangdibawa oleh m-RNA  melalui 3 tahap, yaitu :
1. Tahap inisiasi
2. Tahap perpan jangan rantai polipeptida
3. Tahap terminasi


I.                      Mengapa kerja GEN melalui sintesis protein?

Sebagian besar (±95%) tubuh makhluk hidup terdiri dari protein (kulit, keratin, otot, hemoglobin, globulin, albumin protombin dll) Enzim & Hormon Katalisis & Regulasi

J.                      GEN & Karakter

Misalkan Manusia, Jumlah karakter sangat banyak, misalnya karakter Darah, dikenal Golongan darah A, B, AB, dan O, Eritrosit bulan sabit, darah sukar membeku, dan sebagainya.
1 gen 1 karakter : Contoh lain 1 gen 1 karakter, Polydactily (jari-6), kidal, buta warna, hemofili, keriting.
Karakter “Bule” pada manusia ditentukan oleh 1 gen. Ini berarti pigmentasi kulit ditentukan oleh satu gen. Mungkin saja ada gen lain yang ikut berperan, tapi belum diketahui.
a.       1 GEN banyak karakter :
Ada gen disamping menentukan satu karakter terutama, juga mempengaruhi karakter lain. Contoh: Gen yang mengkode “Fenilketonuria” yaitu gen yang menghambat sintesis fenilalanin. Efek samping dari gen ini menyebebkan warna rambut terang (kurang pigmentasi)
b.      Banyak Gen 1 Karakter :
Ini terjadi kalau satu karakter ditentukan oleh banyak faktor. Contoh : Tinggi badan, Apakah tulang kaki, ruas tulang belakang, ruas tulang leher, atau juga bentuk tengkorak ditentukan oleh sejumlah gen.
Contoh Lain “Buta Keturunan” yang disebabkan oleh Kerusakan retina, kerusakan lensa, kerusakan saraf mata. Masing-masing bagian mata tersebut ditentukan oleh gen-gen tersendiri.


K.                   Fenotipe dan Genotipe
1.      Fenotipe yaitu : Bentuk luar atau karakter yang tampak pada suatu individu  seperti Rambut pirang, rambut lurus, mata biru dll.
2.      Genonotipe yaitu : Susunan kode gen pada DNA yang mengkode karakter tertentu pada individu..
3.      Kode gen ditulis dengan simbul huru, misalnya AA,, Bb,, Cc dll.


L.                    Alela

Berasal darikata “allelon” = bentuk lain
Umpama gen “A” mengkode pertumbuhan pigmentasi kulit secara normal. Lalu gen “A” mengalami mutasi sehingga tidak mampu membentuk pigmentasi kulit secara normal lagi sehingga menyebabkan kulit “albino” gen “A” yang bermutasi tersebut diberi simbol “a”

Kenapa ditulis “a”, karena karakter yang ditumbuhkan bersifat resesif, artinya kalau berada bersama gen “A” maka sifat gen “a” akan ditutupi oleh gen “A”


M.                  Homozigot – Heterozigot

1.      Gen “AA”_Homozigot dominan
2.      Gen “Aa”_Heterozigot
3.      Gen “aa”_Homozigot resesif


N.                   Simbul GEN dalam perkawinan

1.      AA x Aa (Mono Hibrid)
2.      aaBb x Aabb (Dihibrid)
3.      AaBbCc x aaBBCC (Trihibrid)
4.      AABbCcDDeeFf x aaBBCcddEeFF (Polihibrid)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumbuhan Paku (PTERIDOPHYTA)

PERKEMBANGAN SELAPUT EKSTRA EMBRIONIK (plasentasi)

Narkoba dan macam-macam jenis narkoba